Bimbingan Teknis Calon Pengelola Gudang Sistem Resi Gudang Logo Download PDF


Bimbingan Teknis Calon Pengelola Gudang Sistem Resi Gudang

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag, Bachrul Chairi memberikan arahan sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Calon Pengelola Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) di Jakarta, Senin (04/09). Turut hadir di acara Sekretaris Bappebti, Nusa Eka; Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, Sri Hariyati; Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Pantas Lumban Batu; Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Dharmayugo Hermansyah dan Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK Bappebti, Retno Rukmawati.

Dalam arahannya, Kepala Bappebti menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek ini merupakan salah satu terobosan dalam menyiapkan SDM calon Pengelola Gudang (koperasi/BUMD) agar mempunyai pengetahuan tentang SRG secara komprehensif, baik aspek teknis maupun aspek manajerial, melalui pertemuan dalam kelas dan on-job training di Gudang SRG Kabupaten Cianjur, manajemen organisasi, usaha dan keuangan serta strategi pemasaran dan pengembangan usaha melalui SRG.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK, Retno Rukmawati selaku Ketua Panitia Bimtek menyampaikan bahwa ini merupakan bimtek gelombang kedua pada tahun 2017 yang akan difokuskan pada aspek teknis pengelolaan gudang SRG.

Bimtek akan berlangsung selama 12 (dua belas) hari, dimulai dari tanggal 4 sampai dengan 15 September 2017 dan menghadirkan narasumber, diantaranya Staf Ahli Mendag Bidang Pengamanan Pasar, Bappebti, Pusdiklat Perdagangan, Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu Kemendag, PT BGR (Persero), PT KBI (Persero), UB Jastasma BULOG, Bank BRI, Dinas Koperdagin Kab Cianjur, Koperasi Niaga Mukti Kab. Cianjur dan Bank BJB Kab. Cianjur.

Peserta dalam pelatihan ini merupakan Koperasi/BUMD yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setempat untuk menjadi Calon Pengelola Gudang SRG dari 13 daerah, antara lain Kab. Ngawi, Kab. Kediri, Kab. Tanah Datar, Kab. Lampung Timur, Kab. Gowa, Kab. Pasaman Barat, Kab. Kupang, Kab. Toli-Toli, Kab. Pati, Kab. Wonogiri, Kab. Indramayu, Kab. Sumedang dan Kab. Sumbawa.

[Download PDF]