Kunjungan Kerja Mendag ke Jawa Tengah Logo Download PDF


Kunjungan Kerja Mendag ke Jawa Tengah
 
 
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita didampingi oleh Kepala Bappebti Bachrul Chairi melakukan peninjauan ke PT Pura Agro Mandiri dan Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Kabupaten Kudus. Sabtu (13/05)
 
 
Rangkaian kunjungan dimulai dengan mengunjungi Cold Storage PT Pura Agro Mandiri, dimana cold storage tersebut merupakan inovasi dari PT Pura Agro Mandiri yang memadukan teknologi Control Atmosphere Storage (CAS) dan Pendingin (Refrigerator) dengan pengontrol RH, O2, CO2, N2 dan Ethylene berupa mesin pengawet komoditas sayuran terutama Bawang Merah. 
 
 
Mendag menyampaikan bahwa dengan adanya alat tersebut dapat membantu petani untuk menyimpan bawang merah dalam jangka waktu antara 3-6 bulan, dengan kualitas dan kesegaran produk lebih terjaga, serta harga jual komoditas tersebut lebih stabil.
 
 
Acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke Gudang SRG yang terletak di Desa Klaling Kecamatan Jekulo, Kab Kudus. Dimana saat ini, Kabupaten Kudus memiliki 2 gudang SRG yang dimanfaatkan untuk pelaksanaan SRG, Gudang SRG tersebut merupakan gudang milik Pemda yang dibangun oleh Pemerintah Pusat cq. Kementerian Perdagangan. Kedua gudang tersebut dioperasikan oleh PT Pertani sebagai pengelola gudangnya dan sampai saat ini telah diterbitkan 8 resi gudang untuk komoditi Gabah dengan volume 168,7 ton atau senilai Rp. 813,5 Milyar. Terkait pembiayaan, Bank Penyalur pembiayaan dilakukan oleh Bank Jateng, nilai pembiayaan yang telah disalurkan mencapai Rp.245 Juta. Saat ini Gudang SRG Desa Klaling terdapat 2 (dua) resi gudang dengan volume 30 ton senilai Rp. 142 Juta.
 
 
Rangkaian kunjungan diakhiri dengan mengunjungi Head Office PT Pura Group yang berlokasi di Kota Kudus, Mendag beserta rombongan diterima oleh Presdir PT Pura beserta Jajarannnya. 
 
 
 
 
[Download PDF]