Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) Logo Download PDF


 
Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK)
 
 
Selasa tanggal 09 Mei 2017, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) bekerja sama dengan Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) di Ballroom, Hotel Emerald Garden Kota Medan - Sumatera Utara. Pertemuan Teknis ini diselenggarakan dalam rangka diseminasi peraturan Kepala Bappebti antara lain Pelaksanaan Pedoman Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Customer Due Diligence); Pedoman Pelaksanaan Pemblokiran Serta Merta oleh Pialang Berjangka atas dana yang dimiliki oleh Orang atau Korporasi yang identitasnya tercantum dalam DTTOT, termasuk penyampaian “Penilaian Risiko TPPU/TPPT (Sectoral Risk Assessment) Pada Sektor Perdagangan Berjangka Komoditi Tahun 2017”, serta persiapan kantor cabang Pialang Berjangka dalam rangka pelaksanaan transaksi kontrak berjangka yang bersumber dari dana Pengampuan Pajak (tax amnesty). 
 
 
Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, Ibu Sri Hariyati menjelaskan mengenai latar belakang penerbitan dan pokok pengaturan dalam Peraturan Kepala Bappebti tentang Prinsip Mengenal Nasabah oleh Pialang Berjangka; Pedoman Pelaksanaan Pemblokiran Serta Merta oleh Pialang Berjangka atas dana yang dimiliki oleh Orang atau Korporasi yang identitasnya tercantum dalam DTTOT, termasuk penyampaian “Penilaian Risiko TPPU/TPPT (Sectoral Risk Assessment) Pada Sektor Perdagangan Berjangka Komoditi Tahun 2017”, dengan pemandu Bapak Tengku Bayu – Kepala Bagian Perumusan Peraturan Perundang-undangan dan Pelayanan Hukum.
 
 
Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Bapak Pantas Lumban Batu menjelaskan mengenai kesiapan Persiapan Industri Perdagangan Berjangka dalam rangka menyongsong pelaksanaan transaksi kontrak berjangka yang bersumber dari dana pengampunan pajak (Tax Amnesty).
 
 
Sdri Stella Lukman (kanan) – Vice President Business Development PT. Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), dan Sdr. Isha (kiri) – Product and Business Development PT. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), yang dimoderatori oleh Bpk. Chrisnawan Triwahyuardhianto (tengah) – Direktur Eksekutif Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo), menjelaskan “Persiapan Bursa Berjangka dalam rangka pelaksanaan menyongsong transaksi kontrak berjangka yang bersumber dari dana pengampunan pajak (Tax Amnesty)”   
 
 
Bpk. F. Wisnubroto (Kanan) Ketua Pengurus Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) menjelaskan Program Kerja Aspebtindo, termasuk kemanfaatan dan keanggotaan Aspebtindo dengan dipandu Kabag Pengembangan Data dan Teknologi Informasi.
 
[Download PDF]