Bappebti Selenggarakan Bimbingan Teknis Pasar Lelang Komoditas Logo Download PDF


Bappebti Selenggarakan Bimbingan Teknis Pasar Lelang Komoditas


 
Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditas (PLK), Retno Rukmawati mewakili Kepala Bappebti, memberikan pengarahan sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis Pasar Lelang Komoditas yang diselenggarakan pada tanggal 14-17 Maret 2017 di Bandung.
 


Dalam arahan yang disampaikan oleh Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK, menyampaikan semakin pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan besarnya potensi bisnis yang dapat diperoleh dari kegiatan ecommerce, Bappebti telah membangun Sistem Pasar Lelang Terpadu yang memungkinkan transaksi komoditas dapat dilakukan secara online maupun offline. Aplikasi ini juga mempunyai fitur persetujuan penyelenggara Pasar Lelang online, pendaftaran anggota dan pelaporan online.


 
Lebih lanjut disampaikan keberadaan Sistem Pasar Lelang Terpadu juga dibangun untuk mendukung strategi integrasi Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang. Sistem ini dapat melelangkan Resi Gudang secara online sehingga memungkinkan Gudang SRG dipergunakan sebagai gudang serah untuk kegiatan lelang. Selain itu Bappebti juga telah membangun aplikasi SRG Mobile yang memungkinkan pemilik barang dapat melakukan pemberitahuan penyimpanan komoditas di Gudang SRG, hingga pemasaran komodita hanya melalui handphone berbasis android.


 
Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindag Provinsi Bandung, Hening Widiatmoko, Pejabat Eselon III Bappebti dan peserta sebanyak 58 orang yang berasal dari perwakilan Dinas Provinsi yang membidangi perdagangan dan calon penyelenggara Pasar Lelang Komoditas di 10 daerah yaitu : Sumatera Barat, Jambi, Riau, Lampung, DI Yogyakarta, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu juga terdapat peserta yang berasal dari 4 Dinas yang telah melaksanakan revitalisasi Pasar Lelang dan peserta dari pihak swasta yang berasal dari 6 penyelenggara Pasar Lelang.

Acara yang diselenggarakan selama 4 hari ini diisi dengan pemaparan dan simulasi Pasar Lelang Komoditas terpadu yang dimulai dengan pre test yang diikuti oleh semua peserta dan diakhiri dengan post test di akhir acara hari terakhir.


 
 

[Download PDF]