PELATIHAN TEKNIS PELAKU USAHA PBK Logo Download PDF


 

PELATIHAN TEKNIS PELAKU USAHA PBK

Garden Palace Hotel, Surabaya 6-7 Mei 2009

Pada hari Rabu, 6 Mei 2009 bertempat di Garden Palace Hotel, Surabaya, Bappebti mengadakan acara Pelatihan Teknis Pelaku Usaha Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). Acara tersebut diadakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 6 dan 7 Mei 2009, dan dipimpin langsung oleh Bapak Deddy Saleh selaku Kepala Bappebti dan didampingi oleh Kepala Biro Perniagaan Bappebti, Kepala Biro Hukum Bappebti dan Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). Adapun peserta yang menghadiri acara ini adalah para Direksi Pialang Berjangka, Kepala Cabang Pialang Berjangka, dan Wakil Pialang Berjangka yang beroperasi di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi lebih kurang berjumlah 65 orang.

Acara tersebut khususnya ditujukan dalam rangka memberikan penjelasan mengenai Peraturan Kepala Bappebti yang mengatur tentang pedoman perilaku Pialang Berjangka permodalan di bidang Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) dan Direktur Kepatuhan. Dalam sambutannya Kepala Bappebti juga memberikan pengarahan kepada para peserta pelatihan teknis untuk senantiasa menaati dan menjalankan peraturan perundang-undangan di bidang PBK agar dapat memperbaiki citra industri PBK yang selama ini cenderung negatif. Selain Kepala Biro Perniagaan Bappebti bertindak selaku pembuka dalam acara tersebut.

 

Kepala Biro Perniagaan Bappebti sedang memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Teknis Pelaku Usaha PBK. Dalam sambutannya Kepala Biro Perniagaan Bappebti menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu, agar para Pialang Berjangka khususnya Direksi, Kepala Cabang dan Wakil Pialang Berjangka agar selalu mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku di bidang PBK.

Kepala Bappebti sedang memberikan pengarahan kepada para peserta Pelatihan Teknis Pelaku Usaha PBK. Dalam pengarahannya Kepala Bappebti juga mengingatkan kembali agar para Pialang Berjangka selalu mematuhi aturan yang berlaku sehingga citra PBK dapat membaik. Adapun langkah-lanngkah yang diambil oleh Bappebti dalam rangka memperbaiki citra PBK antara lain seperti, memberlakukan sistem Single Platform, penegakan aturan hukum (Law enforcement) dan rencana revitalisasi Bursa Berjangka. Beliau juga menyampaikan beberapa hal yaitu, mengenai peraturan-peraturan yang telah diterbitkan oleh Bappebti seperti Peraturan Nomor 64, 65 dan 67.

Para peserta Pelatihan Teknis Pelaku Usaha PBK sedang memperhatikan dengan seksama pengarahan yang diberikan oleh Kepala Bappebti.

Kepala Biro Perniagaan sedang memberikan pemaparan mengenai pedoman perilaku Pialang Berjangka, permodalan di bidang SPA serta Direktur Kepatuhan yang harus dimiliki oleh Pialang Berjangka. Dalam pemaparannya, Beliau menjelaskan mengenai kewajiban, larangan dan wewenang Pialang Berjangka dan Wakil Pialang dalam melakukan kegiatannya. Beliau juga menyampaikan bahwa Bappebti mengharuskan Pialang Berjangka yang melakukan transaksi di bidang SPA untuk meningkatkan modalnya secara bertahap (progressive). Disamping kedua hal diatas, Beliau juga menjelaskan mengenai persyaratan dan tugas seorang Direktur Kepatuhan.

Kepala Biro Hukum Bappebti sedang memberikan penjelasan singkat mengenai Penegakan Hukum di bidang PBK. Dalam penjelasannya Kepala Biro Hukum Bappebti menegaskan kembali agar Pialang Berjangka dan Wakil Pialang Berjangka untuk mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan di bidang PBK. Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa Bappebti tidak segan-segan melakukan pencabutan izin usaha bagi Pialang Berjangka yang melakukan pelanggaran di bidang PBK.

Kepala Divisi Kliring dan Penyelesaian dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sedang memberikan materi mengenai peranan Lembaga Kliring Berjangka (LKB) dalam industri BK. Peranan yang diemban oleh PT KBI selaku LKB dalam industri PBK yang paling krusial adalah sebagai lembaga penjamin dan penyelesaian transaksi para pelaku usaha.

Pada acara tersebut terdapat sesi untuk tanya jawab, dimana para peserta pelatihan teknis dapat bertanya kepada para panelis atas hal-hal yang masih belum jelas atas aturan-aturan yang baru diterbitkan oleh Bappebti. Tampak Kepala Biro Perniagaan sedang menjawab pertanyaan dari peserta pelatihan.

 

Kepala Biro Perniagaan Bappebti dan Kepala Biro Hukum Bappebti memberikan sertifikat pelatihan teknis secara simbolis kepada peserta. Acara ini juga sekaligus menutup acara Pelatihan Teknis Pelaku Usaha PBK di Surabaya.

*********

 

 

[Download PDF]